Selasa, 05 Juli 2011

Mock Up: How to Monetize Plurk

Jengkel dengan tugas Matematika yang begitu susah? Coba software gratis satu ini. Math Homework Help, freeware yang bisa digunakan untuk membantu adik-adik menyelesaikan soal-soal sekolah. Selamat Mencoba ^^
Hahaha… saya mau ketawa dulu yang puas. Ide ini spontan dan muncul begitu saja waktu chat sama teman di FB. Saat itu kami membahas kira-kira bagaimana si Plurk ini bisa mendapatkan uang.

Seperti yang kita ketahui, plurk hanya memasang iklan di halaman depan saja. Iklan itupun hanya muncul ketika pengguna tidak login ke akunnya. Praktis, ketika anda sudah login, maka tidak akan ada iklan yang dijumpai. Bagus? Sangat bagus dan nyaman bagi pengguna. Namun saya masih tidak habis pikir bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dari layanan yang digunakan. Mengingat pengguna Plurk yang makin membengkak, tentunya kebutuhan resource untuk server dan tenaga mereka semakin besar.

Berawal dari pertanyaan itu, saya iseng-iseng bagaimana kalau plurk dikasih iklan? kira-kira mau diletakkan dimana?? Nah, akhirnya saya membuat sebuah mock-up sederhana menggunakan bantuan inspect element milik Chrome dan Photoscape. Ada beberapa ide yang saya punya dan akan saya implementasikan ke plurk jika saya adalah pemilik plurk ini. Berikut beberapa ide saya:
  • 1. Memasang interest-based ads pada timeline plurk
Untuk keperluan satu ini, saya akan membuat sebuah layanan periklanan sendiri. Iklan ini akan muncul sesuai ketertarikan pengguna. Bentuknya seperti timeline plurk pada umumnya dan lebih blended dan tidak seperti iklan. Untuk jenis iklan ini, cocoknya menggunakan sistem pay-per-click. Jadi advertiser hanya perlu membayar jika ada klik. Karena sifat iklan adalah interest based, maka diharapkan setiap klik akan menghasilkan konversi yang lebih baik bagi pemasang iklan. Bentuk iklannya kurang lebih seperti gambar ini
Interest Based Plurk Ads Gadget dan TEknologi Terbaru
Untuk iklan jenis ini, keuntungan akan dibagi antara Plurk dan user. Mengadopsi sistem Commision Juction. Pengguna harus menjadi teman pengiklan terlebih dahulu sebelum bisa menampilkan iklan ini di profile mereka. Namun, iklan ini hanya akan tampil jika profile pengguna dilihat oleh orang lain. ketika pengguna melihat profilenya sendiri, iklan secara otomatis akan disembunyikan. Jadi pengguna plurk juga dapat bagian dari profile mereka yang dikomersilkan. untuk pengguna yang tidak ingin profilnya kotor, mereka cukup membiarkan advertiser dan tidak menjadi teman dari akun advertiser.
  • 2. Memasang Adsense/CPM Ads pada box komentar plurk
Ide saya sederhana, menampilkan iklan di kotak komentar plurk. Iklannya cocoknya berupa adsense atau iklan jenis cost per million impression (CPM). Namun sepertinya CPM lebih aman karena tidak perlu berurusan dengan TOS Adsense yang terkenal galak. Konsep CPM bisa dibuat hampir sama dengan milik facebook, harganya relatif lebih murah daripada iklan per-klik.
  • 3. Memasang Infolinks-like ads pada update status plurk
Ide yang satu ini bisa dibilang sederhana saja. Konsepnya sama dengan iklan milik infolinks, adbrite, atau penyedia iklan lain yang menggunakan “kata bergaris” sebagai iklan. Iklan akan keluar jika kata tersebut di hover dengan mouse. Sistem pembayarannya pun bisa mencontek milik infolinks. Kalau perlu, plurk ini langsung saja didaftarkan di infolinks. hahaha. Tinggal pasang script dan garis dobel akan segera muncul di Plurk menandakan iklan sudah terpasang. Untuk iklan yang satu ini, user bisa dilibatkan dengan sharing view iklan infolinks atau kalau mau plurk bisa saja membuat sendiri platform periklanan mereka dengan bentuk seperti ini.
  • 4. In Picture Ads
Nah, format yang ini meniru punya Image Space Media (ISM) yang menampilkan iklan di atas gambar. Cukup asik diterapkan di plurk yang gambarnya baru bisa di zoom saat di klik. Iklan ini kurang lebih seperti gambar ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar